Home Belajar Bahasa Inggris Listen dan Hear, Memiliki Arti Serupa Tapi Berbeda dalam Penggunaannya

Listen dan Hear, Memiliki Arti Serupa Tapi Berbeda dalam Penggunaannya

0

Hallo English learners… How are you guys? Hope you’re getting better and better. Apa ya yang akan kita bahas kali ini? tentunya berkaitan dengan dunia bahasa Inggris. Pernahkah kalian mendengar kata listen dan hear? tentunya dua kata ini sudah tidak asing lagi bagi kita para pelajar bahasa Inggris. Dua kata ini diketahui mempunyai arti yang sama dalam bahasa Indonesia yaitu MENDENGAR eiiitss tapi jangan salah loh guys walaupun sama, dua kata ini ternyata berbeda, hati-hati ketika kita menggunakan kata ini, ketika kita salah menempatkan boleh jadi maknanya pun berbeda maka dari itu kita harus tahu kapan menggunakan listen dan kapan menggunakan hear. Penasaran ya? Kali ini kita akan membahas perbedaan listen dan hear lho! let’s study together!

PERBEDAAN PENGGUNAAN LISTEN DAN HEAR

perbedaan listen dan hear

1. WHAT IS LISTEN?

Listen adalah reguler verb atau kata kerja beraturan yang mempunyai verb II dan III yaitu LISTENED dan verb-ing yaitu LISTENING. Listen juga termasuk salah satu phrasal verb. Menurut Oxford dictionary listen adalah “pay attention to somebody/something that you can hear” yang artinya adalah memperhatikan seseorang atau sesuatu yang kamu dengar, maksudnya mendengar dengan memberi perhatian penuh pada apa yang sedang kamu dengar.

Contoh dalam kalimat :

  • My father is listening to the new news in television : Ayahku sedang mendengarkan berita baru di televisi

Maksud dari contoh diatas adalah si ayah memdengar dengan seksama apa yang sedang diberitakan di televisi.

  • When I miss you, I can only listen to your voice many times : Ketika aku merindukanmu, aku hanya bisa mendengarkan suaramu

Maksudnya aku mendengarkan suaranya dengan seksama

  • Listen to me please! : Tolong dengarkan aku!

Maksudnya aku meminta perhatian yang penuh ketika aku berbicara.

2. WHAT IS HEAR?

Perbedaan listen dan hear terletak pada, hear adalah irreguler verb atau kata kerja tidak beraturan karena verb II dan III dari hear adalah HEARD tidak diakhiri -ed. Hear juga termasuk dalam prhasal verb. Hear menurut Oxford dictionary adalah “to be aware of sounds with your ears” yang artinya menyadari adanya bunyi yang terdengar di telinga kita. Maksudnya bunyi apapun yang bisa kita dengar itu adalah hear, dalam arti lain kita tidak memperhatikan dengan jelas bunyi tersebut hanya saja telinga kita mendengarnya.

Contoh dalam kalimat :

  • Welish heard someting from rooftop when he was listening to music : Welish mendengar sesuatu dari atas ketika dia sedang mendengarkan musik

Maksudnya , telinga Welish mendengar bunyi sesuatu dari atas namun Welish tidak mengguraukannya karena dia sedang mendengarkan musik.

  • Do you hear a noisy sound from my room? : Apakah kamu mendengar suara berisik dari kamarku?

Maksudnya suara tersebut terdengar ditelinga tanpa diperhatikan dengan jelas.

  • Do you see my mom? I heard her voice last time : Apakah kamu melihat ibuku? Aku mendengar suaranya tadi

Maksudnya suara ibu hanya terdengar di telinga tapi kita tidak memperhatika apa yang ibu katakan

Jadi kesimpulan perbedaan listen dan hear adalah, listen adalah mendengar dengan memberi perhatian penuh kepada pembicara dan kita mencoba memahami apa yang pembicara sedang bicarakan sedangkan hear adalah mendengar suara yang lewat di telinga kita tanpa memperhatikannya dengan jelas.

Baca juga: Perbedaan Penggunaan Must dan Have to

Mudah ya English learners memahami perbedaan listen dan hear, jadi kita harus berhati-hati menempatkan dua kata ini, walaupun memiliki arti yang sama tetapi tetap memiliki makna yang berbeda, jangan sampai salah ya guys! Selamat belajar semoga bermanfaat and see yaa taa taaaa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here